Pajak Terkait IP

Baru-baru ini saya mendengar sekelompok pakar pajak berbicara tentang masalah yang berkaitan dengan kekayaan intelektual (“HAKI”), dan sejak itu saya telah memikirkan tentang bagaimana klien saya dapat memperoleh keuntungan dari menggabungkan IP dengan lebih baik ke dalam perencanaan pajak perusahaan dan proses akuntansi. Topiknya sangat kompleks dan, oleh karena itu, saya akan menyerahkan detailnya kepada ahlinya. Meskipun Jenis Penyusun Pajak demikian, saya yakin bahwa pernyataan berikut ini valid: jika pakar pajak Anda tidak memasukkan masalah IP dalam perencanaan pajak dan proses akuntansi mereka, kemungkinan besar perusahaan Anda akan meninggalkan banyak uang di atas meja.

Ketika para ahli ini membahas masalah pajak terkait IP, menjadi jelas bagi saya betapa pentingnya manajemen aset IP untuk perencanaan pajak perusahaan dan upaya akuntansi. Namun, pengalaman saya menunjukkan bahwa hanya jasa konsultan pajak sedikit manajer perusahaan yang menyadari bahwa penghematan semacam itu dimungkinkan. Bahkan jika mereka mengetahui tentang peluang ini, kemungkinan akan sangat sulit bagi mereka untuk memanfaatkan penghematan ini karena hanya sedikit organisasi yang memiliki infrastruktur IP yang memungkinkan penangkapan dan penilaian biaya yang efisien terkait dengan memperoleh dan mengelola aset IP. Dan, tanpa informasi akuntansi IP tersebut, penghematan pajak tidak dapat ditangkap dengan tepat.

Sebuah kata kualifikasi – saya sama sekali bukan ahli pajak. Namun demikian, saya memahami bahwa untuk memanfaatkan pengurangan pajak dan kredit pajak yang terkait dengan IP, proses akuntansi harus dapat menentukan biaya untuk memperoleh dan mengelola aset tersebut. Maka masuk akal jika pengacara HKI seperti saya akan dihubungi secara teratur untuk membantu ahli pajak dalam proses pengambilan informasi. Selama bertahun-tahun menjalankan praktik kekayaan intelektual tingkat tinggi, saya tidak pernah secara tegas dibawa ke dalam perencanaan pajak atau proses akuntansi. Oleh karena itu, saya harus menyimpulkan bahwa sebagian besar, jika tidak semua, klien saya gagal memanfaatkan peluang penghematan pajak yang dibahas oleh para pakar pajak. Memang,

Bagaimana perusahaan dapat memperoleh nilai penghematan pajak ini? Langkah pertama tentunya untuk memperoleh edukasi tentang kategori penghematan pajak yang dapat diperoleh melalui program manajemen kekayaan intelektual yang lebih baik. Manajemen akan dilayani dengan baik dalam hal ini dengan menemukan IP dan keahlian pajak yang diperlukan untuk mengidentifikasi peluang untuk menangkap nilai melalui penghematan pajak. Karena sifat interaksi yang sangat misterius antara pajak dan IP, saya akan menyarankan seseorang untuk mencari keahlian khusus di luar organisasi mereka. Ini akan membutuhkan pembayaran kepada konsultan, yang dapat menjadi faktor pembatas bagi banyak perusahaan. Namun, tanpa penyelidikan awal oleh konsultan yang sesuai, hasilnya adalah tidak ada penghematan pajak terkait IP yang akan ditangkap.

Jika penyelidikan ini membuktikan bahwa penghematan pajak terkait IP yang dapat dibuktikan dimungkinkan, langkah selanjutnya adalah melembagakan sistem manajemen aset intelektual (“IAM”) yang memungkinkan perusahaan untuk menangkap biaya yang terkait dengan memperoleh dan mengelola aset terkait IP. Banyak perusahaan telah berhasil mengembangkan dan mengeksekusi pada sistem IAM dengan secara internal mengembangkan proses manajemen IP yang berfokus pada bisnis. Solusi “tumbuh di rumah” untuk manajemen IP bisa sangat efektif, namun, komitmen manajemen jangka panjang dan pengembangan infrastruktur biasanya dibutuhkan untuk sukses.

Untuk organisasi yang ingin mendapatkan penghematan pajak terkait IP lebih cepat dan (mungkin) dengan pengembangan infrastruktur yang lebih sedikit, solusi perangkat lunak IAM mungkin bermanfaat. Contoh dari sistem perangkat lunak tersebut adalah Decipher, Anaqua dan Lecorpio. Solusi perangkat lunak ini mungkin mahal untuk diterapkan dan dipelihara, tetapi bagi banyak perusahaan, pengurangan kewajiban pajak dapat dengan jelas menunjukkan ROI langsung yang terkait dengan produk semacam itu.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *